MAN 2 Samarinda Ikuti Review Pelayanan Publik Program Pendidikan Islam RI

MAN 2 Samarinda Ikuti Review Pelayanan Publik Program Pendidikan Islam RI

Samarinda (Madrasah) – MAN 2 Samarinda ikuti review Pelayanan Publik Program Pendidikan Islam oleh Kementerian Agama RI via zoom metting, Selasa (8/6) berlangsung di ruang Lab. Keagamaan Terpadu MAN 2 Samarinda. Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Rahmat Mulyana.

Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa ada 2 cara meningkatkan kualitas pelayanan publik, pertama dari sumber daya manusianya yaitu pelayanan publik akan lebih profesional jika dilaksanakan oleh banyak orang dengan keahlian tertentu dari pada dipegang oleh satu orang yang bisa banyak hal. Yang kedua dari sistemnya, yaitu perlunya sistem yang baik, yang memuat kritik dan saran dari pada penggunanya. Karena kritik dan saran sangat diperlukan dalam kegiatan layanan.

Kegiatan pokok disampaikan oleh Plt. Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Kementerian (PANRB) Muhammad Yusuf Kurniawan. Dalam hal ini ada beberapa hal yang disampaikan oleh beliau berkaitan dengan review pelayanan publik diantaranya sebagai berikut: Pertama beliau menyampaikan tentang transformasi pelayanan prima dahulu dan sekarang ini, dahulu alur pelayanan prima meliputi: service by document, e-government (masih terbagi per layanan), satisfaction.

Sedangkan sekarang alur pelayanan prima meliputi: paperless, smart government (melayani seluruh kebutuhan melalui 1 layanan), happiness. Selanjutnya beliau juga mengatakan bahwa pelayanan prima adalah pelayanan yang diberikan dengan kualitas melebihi harapan pengguna.

Beliau juga menambahkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelayanan publik agar terlaksana dengan baik yaitu, setiap individu harus memahami tugas dan fungsi yang dimiliki, memahami jenis pelayanan dan produk akhirnya, memahami siapa saja yang dilayani, memiliki dokumen pendukung seperti SOP, SPM, dan lain-lain, melakukan monev berkelanjutan terhadap SP yang telah disusun. (Dd) 

Kontributor: Humas MAN 2 Samarinda
Editor: Maharani Ramadhanty Fitria

 

KOMENTAR