MAN 2 Samarinda Berpartisipasi Dalam Kegiatan  Hari Lingkungan Hidup Sedunia

MAN 2 Samarinda Berpartisipasi Dalam Kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Samarinda (Madrasah) - MAN 2 Samarinda (bersama MA Darul Ihsan, MA An Nur dan MTsN Samarinda) turut serta berpartisipasi dalam acara Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021 yang dipimpin langsung oleh Menteri LHK , Dr.Ir. Siti Nurbaya, M.Sc secara virtual, (5/6). Kegiatan dilaksanakan di Laboratorium Keamanan MAN 2 Samarinda secara virtual. 

5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup (HLH), yang diperingati oleh seluruh dunia dimana pada HLH ke-47 tahun ini diambil tema Restorasi Ekosistem. Dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, saatnya untuk dapat dilakukan penyesuaian berpikir dan bertindak, reimagine - recreate- restore.

"Inilah momen kita, kita tidak bisa mengembalikan waktu. Tapi kita bisa menanam pohon, menghijaukan alam dan lingkungan, mengubah pola konsumsi, membersihkan sungai dan pantai, serta berbagai aktivitas positif lainnya dalam menjaga dan merawat lingkungan. Kita adalah generasi yang berdamai dengan alam," ucap menteri LHK 

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 mengusung tema “Ecosystem Restoration”. Tema tersebut sejalan dengan semangat dan langkah-langkah Indonesia dalam arti luas pengelolaan lingkungan dan kehutanan yang meliputi:

1. Restorasi dan rehabilitasi hutan dan kawasan guna mendukung upaya mengatasi krisis perubahan iklim;
2. Memastikan pengelolaan konservasi dan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan;
3. Sebagai bagian dari upaya dalam pemulihan ekonomi nasional melalui kegiatan padat karya, penanaman serta rehabilitasi mangrove dan restorasi gambut;
4. Restorasi hutan untuk mengatasi krisis lingkunganelemen udara, air dan tanah/tutupan lahan;
5. Restorasi kelembagaan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

Dalam hal nilai-nilai, kebijakan, pendekatan, program, pembiayaan, dan teknis operasional berdasarkan kebutuhan lapangan dan utamanya untuk tujuan menjaga segenap tumpah darah dan bangsa serta memajukan kesejahteraanumum, selain untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan dalam upaya ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan perdamaian dan keadilan.

Hal yang tidak kalah penting dalam Restorasi Ekosistem dan ketahanan iklim yang berkelanjutan adalah kesadaran dan kepedulian bersama dari seluruh elemen masyarakat. Demikian pula kegiatan komunikasi, informasi, dan edukasi yang masif dan sistematis menjadi keniscayaan untuk dijalankan semua pihak, baik pemerintah, pemerintah daerah, akademisi/ahli, dunia usaha, komunitas, LSM, dan komponen masyarakat lainnya.

"Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2021 menjadi momen penting bagi kita untuk terus menggugah, menumbuhkan, serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian publik tentang ekosistem dan pengelolaannya secara optimal. Melalui momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, diharapkan dapat menambah semangat kita untuk senantiasa terus memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan," tutur Siti Nurbaya

Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan para pemangku kepentingan, khususnya di tingkat lokal, sehingga masyarakat berdaya dalam mengatur dan mengelola lahan tempat mereka dengan lebih baik. Pemberdayaan masyarakat berkontribusi memajukan solusi lokal dan mendorong partisipasi aktif dalam restorasi ekosistem. "Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Semoga Allah SWT meridhoi semua upaya dan langkah kita dalam menjaga dan melestarikan ekosistem Indonesia." Tutupnya. (NH) 

Kontributor: Humas MAN 2 Samarinda
 

KOMENTAR