Menuju Adiwiyata Tingkat Mandiri MAN 2 Samarinda Gandeng MA/MTs An Nur Samarinda

Menuju Adiwiyata Tingkat Mandiri MAN 2 Samarinda Gandeng MA/MTs An Nur Samarinda

Samarinda (Madrasah) - Upaya meningkatkan mutu pendidkan tidak hanya pada kompetensi pendidikan yang harus ditingkatkan, melainkan juga kualitas kondisi sekolah/madrasah perlu juga ditingkatkan, sehingga terwujud lingkungan madrasah sebagai media pembelajaran yang sehat, nyaman, serta membentuk siswa kreatif.(22/4).

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah/madrasah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Man 2 Samarinda melalui berbagai tahapan hingga kini akan melanjutkkan pada tahap Adiwiyata tingkat Mandiri, tahapan itu dilalaui sejak tahun 2017 memeroleh Adiwiyata tingkat Kota, tahun 2018 memeroleh Adiwiyata tingkat Provinsi, dan secara berturut pada tahun 2019 memeroleh Adiwiyata tingkat Nasional. Namun di tahun 2020 gerak dan langngkah MAN 2 Samarinda sempat terhenti sejenak karena pandemi Covid-19. Tidak akan terus terbuai karena Covid-19, di tahun 2021 ini MAN 2 Samarinda akan kembali bergerak melebarkan sayap untuk menanamkan karakter Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Tidak hanya di lingkungan madrasah sendiri MAN 2 Samarinda juga mengajak madrasah lain yaitu MA/MTs. An Nur Samarinda untuk turut bersama-sama melestarikan bumi dan menjaga keamanan dan kenyamamanan lingkungan.

MAN 2 Samarinda berkesempatan menggandeng MA/MTs. An Nur Samarinda untuk  menjadi sekolah/madrasah binaan untuk mengikuti program Adiwiyata, bertempat di MA/MTs. An Nur pada Kamis, 22 April 2021 kemarin MAN 2 Samarinda dan MA/MTs. An Nur Samarinda melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) untuk turut serta berpartisipasi dalam gerakan PBLHS. Penandatanganan MoU ini di hadiri oleh masing-masing Kepala Madrasah serta beberapa perwakilan dari kedua belah pihak madrasah. Dalam kesempatan ini Rahmawati selaku Ketua tim Adiwiyata MAN 2 Samarinda mengungkapkan bahwa “Dengan menanamkan suatu kebaikan maka akan menebarkan akar ke segala arah dan akar itu akan menumbuhkan pohon baru.” Ujarnya pada Kamis (22/04), ini bermaksud bahwa kebaikan itu harus di bagi atau disebarkan seperti halnya peduli pada lingkungan sekitar agar dampaknya dapat dirasakan oleh banyak pihak. (EV)

KOMENTAR